Sabtu, 03 November 2012

Bermain Query SQL(INSERT,UPDATE,DELETE,SELECT)

Selamat malam teman-teman semua, di malam hari ini saya akan memosting mengenai Query SQL yang sering digunakan untuk pemanggilan data, sebenarnya apa ta pengertian dari SQL itu? SQL(Struktur Query Language) sebuah bahasa pemrogramman yang digunakan untuk menampilkan isi data yang ada di database MYSQL, kalau menurutku begitu, hehehe, kalau kurang tepat harap untuk di koreksi sendiri ya, hehehehe, dalam pembahasan kali ini saya akan menggunakan database dan tabel yang sudah saya buat kemarin yaitu dengan database mahasiswa dan tabel mahasiswa, kenapa kok sama ya? hehe, ya terserah saya yang buat saya o, wkwkwkwkw. ok dah langsung saja ke TKP mas brow :::
LANGKAH PERTAMA
buka terlebuh dulu localhost/phpmyadmin di web browser teman-teman semua, kalau sudah pilih database teman-teman semua, seperti gambar di bawah ini :

kalau sudah muncul gambar seperti itu langsung deck click nama tabel mahasiswa yang berada di bawah nama database mahasiswa ok sampai sini paham kan, sippp kalau faham.
LANGKAH KEDUA
setelah teman-teman click nama tabel mahasiswa lalu akan muncul gambar seperti di bawah ini :
Kalau muncul seperti gambar di atas berarti anda belum memasukan data/record ke dalam tabel tersebut, lantas bagaimana saya harus memasukan dengan menggunakan source code SQL ok tenang sob saya akan kasih tau source code nya, di bawah ini,  :
caranya klik link edit pada pokok kanan no 4 lalu copas source code di bawah ini:
1. INPUT 

INSERT INTO mahasiswa(nim, nama, alamat, jenis_kelamin, kd_jurusan) VALUES('20116904022','rorik setya budi','mlati','laki-laki','TI')

Jika input berhasil akan muncul seperti gambar di atas

2. UPDATE

UPDATE mahasiswa SET nama = 'rorik', alamat = 'dembo mlati', jenis_kelamin = 'laki-laki', kd_jurusan = 'TIK' WHERE nim = '2147483647'
jika update berhasil dilakukan akan seperti gambar di atas
3. DELETE

DELETE FROM mahasiswa WHERE nim = '2147483647'

Jika proses penghapusan berhasil dilakukan maka data yang berdasarkan nim : 2147483647 akan terhapus

4. SELECT

SELECT * FROM mahasiswa

jika source code di atas valid maka semua data akan ditampilkan

ok mudah dan gampang ta sob, hehehe, itu lah 4 dasar yang menjadi dasar sebuah data dinamis di bentuk data tersebut harus bisa di tambah, harus bisa di perbaharui, harus bisa di hapus dan harus bisa di tampilkan. semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.
tunggu source code SQL lainya tingkat lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Chat YM

Administrator
Status YM

Copyright © 2013. Rorik Setya Budi - All Rights Reserved